Kamis, 26 Mei 2011

mari berfikir ^_^

sebenarnya saya termasuk orang yang sedikit antipati dengan matematika. karena menurut saya rumus-rumus matematika tidak masuk akal dan njlimet, kenapa ? bagaimana bisa ada huruf dan angka yang dicampur dalam sebuah kata atau kalimat ? betul tidak ? (sebuah pembelaan dari orang yang tidak bisa matematika,hehehe) itulah sebabnya saya masuk kelas bahasa sewaktu sma, karena saya lebih suka berkutat dengan kata-kata dan kalimat yang murni, tetapi tetap saja di kelas bahasa juga ada matematika (tetap tak bisa menghindar :o)

tetapi ternyata ada juga matematika yang membuat saya tetari, yaitu ketika bertemu dengan matematika proposisi. karena dalam matematika prosisi membuat kita berfikir bagaimana melogikakan atau menalar, itu sebabnya matematika prosposisi juga disebut dengan logika. tidak harus dengan menghitung atau menghapal rumus-rumus yang panjang.

apa itu nalar dan logika ?
"Kemampuan menalar adalah kemampuan untuk menarik kesimpulan yang tepat dari bukti-bukti yang ada dan menurut aturan-aturan tertentu. Lalu apa kaitannya dengan logika ?
Logika adalah ilmu untuk berpikir dan menalar dengan benar. Secara bahasa, logika berasal dari kata “logos” (bahasa Yunani), yang artinya kata, ucapan, pikiran. Kemudian pengertian itu berkembang menjadi ilmu pengetahuan. Logika dalam pengertian ini adalah berkaitan dengan argumen-argumen, yang mempelajari metode-metode dan prinsip-prinsip untuk ,menunjukkan keabsahan (sah atau tidaknya) suatu argumen, khususnya yang dikembangkan melalui penggunaan metode-metode matematika dan simbol-simbol matematika dengan tujuan untuk menghindari makna ganda dari bahasa yang biasa kita gunakan sehari-hari."
dikutip dari : http://ilmumatematika.com/pengertian-logika-matematika/

secara singkat dan sederhana saya mendefinisakn logika dengan bagaimana kita menarik kesimpulan dari beberapa pertanyaan yang ada.
contoh :
  • beberapa pengendara motor memakai helm
  • orang yang memakai helm adalah orang yang taat peraturan
jadi, tidak semua pengendara motor taat peraturan

operator atau penghubung dalam logika
didalam logika terdapat berbagai macam operator atau penghubung, tetapi yang sering kita temui adalah operator boolean, diantaranya : negasi; konjungsi; dan disjungsi. selengkapnya bisa dilihat diblog-blog para ahli matematika yang telah menjelaskan dengan sangat jelas (xixixixi :o)

apa sii manfaat menalar atau melogika ?
tentu saja ini sangat dibutuhkan pada saat kita akan mangambil suatu keputusan. keputusan yang kita ambil itu adalah sebuah hasil dari penalaran kita terhadap berbagai sebab atau berbagai faktor yang mempengaruhuinya, tidak mungkin kita mengambil keputusan hana atas dasar perasaan suka atau atau tidak.

kita dianugrahi otak dan akal oleh yang Maha Kuasa pastilah tidak hanya sebagai sebuah pelengkap atau hiasan, tetapi karena pada dasarnya manusia diutus untuk berfikir dan bernalar agar dapat membedakan mana yang baik atau mana buruk, dan supaya ada bedanya juga antara manusia dengan hewan yang bertindak hanya atas dasar insting.

semua manusia memiliki otak
makhluk yang memiliki otak pasti bisa berfikir
jadi, (seharusnya) semua manusia bisa berfikir ^_^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar