Senin, 10 Oktober 2011

apa yang bisa kita lakukan dengan internet?


sebenarnya apa sih manfaat internet dalam kehidupan kita?kira-kira banyak manfaatnya apa banyak ruginya?
coba mari kita analisi!

mulai dari manfaatnya dlu ya :
* bisa untuk marketing bisnis
   = melalui internet, kita bisa mempromosikan barang-barang / usaha kita dengan terget pasar lebih luas. jika dengan membuka toko atau kios pembeli hanya orang-orang sekitar atau yang kebetukan lewat, dengan interner maka pasar kita akan lebih luas, bisa jg orang-orang dari luar kota, bahkan luar negeri. tetapi jika usaha lewat internet maka yang menjadi kunci adalah komitmen, kejujuran, dan kepercayaan. karean antara pembeli dan penjual tidak ada interaksi langsung.
* sarana komunikasi jarak jauh
   = sama dengan telfon yang bisa memfasilitasi komunikasi kita kita dengan orang-orang yang berada jauh dari kita, begittu juga internet. tidak hanya bicara, tetapi kita juga bisa surat-suratan hanya dengan sekali klik. dan saat itu langsung dapat dikirim dan diterima.
* sumber pengetahuan
  = dengan internet kita bisa mencari dan mengunduh semua informasi yang kita butuhkan, hanya tiggal mengetikkan kata kunci, semua data akan keluar. untuk itu kita harus berhati-hati bila internet digunakan oleh anak-anak.
* nambah temen / relasi
  = dengan semakin menjamurnya akun-akun sosial di dunia maya, akan semakin mudah untuk  menambah dan mencari teman. menjaga hubungan dengan teman-teman lama yang sudah tak pernah bertemu bukan lagi hal yang sulit. tetapi karena ini pertemanan dunia maya, kita kita ekstra waspada pada orang-orang yang baru kita kenal, karena tak pasti apakah biodata diri yang dicamtumkan itu benar atau tidak.
* media berekspresi
  = seperti ini contohnya, dengan menulis di blog kita dapat mengekspresikan apa yang ada dipikiran kita. dan tentunya masih banyak akun-akun sosial yang memfasilitasi ungkapan ekspresi kita.
dll
kalo ruginya?
- hanya untuk main-main
  = biasanya digunakan untuk mencari-cari informasi yang tidak penting, hanya untuk melihat-lihat yang kadang membuat lalai akan tugas dan kewajibannya
- awasi penggunaan internet pada anak
  = kenapa harus diawasi? bukannya bagus , anak bisa bisa mencari informasi dan pengetahuan yang luas? memang benar, tetapi penggunaan pada anak memang harus ekstra diawasi, karena kadang karena rasa ingin tau yang besar, membuat anak menjadi sangat tertarik dengan apa yang dia lihat kemudian dengan kemudahan penggunaan internet  mereka bisa dengan mudah mengunduh informasi-informasi yang seharusnya mereka dapatkan dari orang tuanya. karena jika mereka mengunduh sendiri tanpa ada yang mendampingi maka mereka akan mencoba untuk menafsirkan sendiri informasi itu.dan itu sangat berbahaya. atau paling mudah, penyalah gunaan internet pada anak adalah adanya game online. hanya untuk bermain game online, mereka sampai membolos sekolah. dan parahnya, sekarang makin banyak warnet-warnet yang membuka gam online, tanpa mereka peduli bahwa anak-anak yang asyik bermain seharusnya berada di sekolah. tetapi mereka malah asyik bermain game. untuk masalah ini butuh kepedulian semua pihak, orang tua  harus lebih mengawasi kegiatan anak-anaknya, para pengusaha game online juga harusnya lebih peduli, jangan hanya memikirkan keuntungan saja. karena ini juga untuk masa depan para generasi bangsa.

itulah manfaat dan kerugian internet menurut saya, semua hal pada dasarnya baik dan bermanfaat asal sesuai kebutuhan dan tidak berelebihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar