Rabu, 09 Oktober 2013

S I P

A. INFORMASI

Kata informasi berasal dari kata Perancis kuno informacion (tahun 1387) yang diambil dari bahasa latin informationem yang berarti “garis besar, konsep, ide”. Informasi merupakan kata benda dari informare yang berarti aktivitas dalam “pengetahuan yang dikomunikasikan”

Lebih mudah dipahami jika informasi diartikan sebagai sekumpulan data yang telah diolah yang berguna bagi si penerima.

B. ARSITEKTUR KOMPUTER
Dalam bidang arsitektur komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll).

Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.

C. STRUKTUR KOGNISI MANUSIA

Struktur adalah bagaimana bagian-bagian dari sesuatu berhubungan satu dengan lain atau bagaimana sesuatu tersebut disatukan. Struktur adalah sifat fundamental bagi setiap sistem.
Kognisi adalah kepercayaan seseorang tentang sesuatu yang didapatkan dari proses berpikir tentang seseorang atau sesuatu. Proses yang dilakukan adalah memperoleh pengetahuan dan memanipulasi pengetahuan melalui aktivitas mengingat, menganalisis, memahami, menilai, menalar, membayangkan dan berbahasa.

Struktur kognisi manusia  ialah proses berfikir manusia. dimana stimulus yang ditangkap oleh panca indera kita akan diproses oleh otak, kemudian akan dimunculkan dalam bentuk perilaku.

D. SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI

Sistem Informasi  adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi.
Psikologi secara singkat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang perilaku dan pola pikir manusia.
Sistem informasi psikologi adalah sekumpulan informasi yang berhubungan dengan tentang perilaku dan pola pikir manusia

referensi
  • catatan perkuliahan Sistem Informasi Psikologi
  • id.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar